Kamu Milenial, Pilih Kos atau Sewa Apartemen?

Untuk kamu kaum Milenial pilih mana sewa kos atau sewa apartemen? Yuk cari pertimbangannya biar engga salah pilih. Di kota – kota besar, tinggal di kos-kosan atau apartemen mungkin menjadi salah satu concern kaum milenial. Kita ambil contoh Jakarta, sebagai ibukota dan sekaligus pusat bisnis saat ini. Jumlah millennial di Jakarta sendiri bisa terbilang sangat tinggi, dilihat juga dari munculnya berbagai perusahaan yang diinisiasi oleh millennial. Hal ini juga yang membuat banyak kaum millennial lebih memilih untuk kerja di Jakarta, karena tersedia banyak kesempatan yang lingkungan kerjanya mereka inginkan.

Seiiring bertambahnya angka Millenial yang bekerja di Jakarta, tentu membuat mereka lebih baik tinggal di Jakarta. Dalam hal ini tentu Millenial harus bijak dalam menentukan tempat tinggal selama mereka bekerja di Jakarta. Bagi Millenial yang merantau tentu ini menjadi hal yang penting, ditambah juga banyak Millenial di Jakarta yang memutuskan untuk mulai hidup mandiri tidak bersama orang tua atau kerabatnya. Melihat tren ini, mereka tentu harus sangat memperhatikan hal – hal apa saja yang bisa mempengaruhi mereka dalam memilih kos atau sewa apartemen.

Saat ini bagi mereka yang mencari sewa kos atau apartemen lebih dipermudah dengan adanya berbagai aplikasi dan website penunjang. Mereka hanya perlu memasukan keyword kos murah atau apartemen murah, maka akan muncul berbagai pilihan yang mereka pilihan. Tapi dengan banyaknya pilihan yang diberikan tentu ada pertimbangan – pertimbangan yang harus diperhatikan, apa saja?

1. Privasi

Tentu ada perbedaan yang sangat jelas antara tinggal di apartemen atau kos-kosan. Tapi sebenarnya ini kembali lagi pada selera dan kenyamanan masing – masing tiap orang.  Untuk segi privasi ini terbagi menjadi dua, ada orang yang lebih suka dengan suasana yang lebih tenang dan ada juga orang yang takut jika terlalu sepi sehingga lebih memilih tinggal di suasana yang ramai.

Bagi millennial yang suka dengan ketenangan tentu apartemen menjadi pilihan yang tepat, privasi akan jauh lebih terjaga jika tinggal di apartemen. Sementara kos – kosan lebih menawarkan suasanan yang jauh lebih kekeluargaan.

2. Lokasi

Bagi para pekerja, lokasi kosan atau apartemen menjadi pertimbangan yang utama juga, semakin dekat dengan kantor maka akan semakin baik. Ada beberapa apartemen yang sudah terintegrasi dengan gedung kantor, ini bisa menjadi pilihan yang bagus.  Dibandingkan kos – kosan, jarang yang jaraknya sangat dekat dengan lokasi perkantoran. Biasanya pertimbangan ini harus ditambah dengan ketersediaan akses transportasi terdekat.

3. Biaya

Dari segi biaya sewa, mungkin apartemen lebih mahal dan harga kos murah. Tapi ini tentu berbanding lurus dengan fasilitas yang diberikan.

4. Fasilitas

Sebagian besar apartemen pasti sudah menyediakan kolam renang, tempat fitness, hingga minimarket. Laundry dan kantin juga tersedia sehingga tak perlu berjalan jauh lagi. Sedangkan di kos – kosan memang minim fasilitas.

5. Administrasi 

Proses administrasi di apartemen memang agak merepotkan dan memakan waktu panjang. Karena di awal sewa biasanya calon penyewa harus menandatangani kontrak sewa. Selain itu juga harus mengantongi izin dari pengelola apartemen jika hendak memasukkan dan mengeluarkan perabotan. Sedikit jauh berbeda ya dibandingkan tinggal di kos-kosan yang administrasinya tidak sebelibet dan serumit itu.

Selain itu juga, dapat dipertimbangkan bagi kamu para milenial untuk membeli apartemen alih – alih hanya berupa sewa. Saat ini sudah banyak tersedia apartemen murah yang cicilan bulanannya relative sama atau bahkan lebih murah dari harga sewa kos. Selama akses transportasi terjamin, tidak jadi masalah kan?

 

Baca berita Lainnya

10 Tips Temukan Apartemen Impian

Apartemen kini menjadi salah satu solusi bagi seseorang untuk memiliki sebuah hunian. Tentu dalam ...

Mencari Inspirasi Desain Interior Apartemen

Sekarang, memiliki rumah dengan lahan yang luas sepertinya sangat sulit terwujud apabila tinggal di ...

Berlomba – lomba mencari Apartemen

Kontrakan kini tak harus rumah, apartemen pun bisa disebut kontrakan. Mengapa bisa demikian? Ini ...

Siap memiliki apartemen Urbantown?

Daftar