loader image

10 Tips Temukan Apartemen Impian

Apartemen kini menjadi salah satu solusi bagi seseorang untuk memiliki sebuah hunian. Tentu dalam pemilihan apartemen yang akan ditinggali tidak bisa main – main, perlu banyak pertimbangan sampai seseorang memutuskan untuk membeli/tinggal di sebuah apartemen. Apartemen, sebuah hunian vertikal yang makin digandrungi orang – orang karena berbagai kelebihannya dibandingkan rumah tapak pada umumnya. 

Melihat fenomena ini tentu seseorang harus pandai dalam memilih apartemen, sebuah hunian impian yang akan ditinggalinya. 

Kira – kira ini 10 tips cari apartemen agar tak menyesal kemudian dari #UrbanTips

  1. Lokasi

Survei lokasi tentu menjadi hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai situasi dan kondisi area tempat tersebut.  

Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui, Apakah tempat tersebut aman? Bagaimana dengan akses jalan dan transportasi publik yang terdekat dari lokasi apartemen? Apakah lokasi tersebut rawan banjir (ini penting)? 

Selain itu, jika mendapat kesempatan mintalah beberapa pendapat dari penghuni apartemen tersebut perihal apartemen dan juga kenyamanan serta ketertiban dari para penghuni apartemen. Buat data setiap apartemen yang menjadi incaran, jangan lupa catat karena ini bisa menjadi bahan acuan dan pembanding dari apartemen satu dengan lainya.

  1. Harga

Tanyakan harga dan fasilitas yang diberikan, jangan sungkan untuk tanya cara pembayarannya seperti apa. Karena dengan tahu hal tersebut bisa melakukan perencanaan dengan matang.

  1. Fasilitas

Setelah melakukan survey dan telah mempersempit pilihan kamu, jangan lupa untuk cek kembali setiap fasilitas yang disuguhkan kepada para penghuni apartemen. 

Misalnya, cek supermarket, akses kendaraan umum, tempat parkir, rumah sakit terdekat, sekolah, jarak dengan tempat kerja Anda, fasilitas gym atau ruang kebugaran, dan lain sebagainya.

  1. Full Furnished atau Kosong

Sebisa mungkin cari apartemen yang sudah fully furnished, sehingga tak perlu membeli banyak perabotan. Kalau pun harus membeli perabotan, coba cari di tempat-tempat murah seperti pasar loak, garage sale, atau meminta sumbangan dari keluarga dan teman. Dengan begitu, dana untuk perabotan bisa dialokasikan ke kebutuhan lain, seperti uang listrik, gas, dan air.

  1. Usia Bangunan

Usia bangunan perlu diperhatikan juga apabil kamu membeli apartemen yang sudah jadi terlebih dahulu. Ini penting karena dengan begitu kamu tahu kondisi bangunan dan kamar yang akan kamu tempati.

  1. Pencahayaan (Sinar Matahari)

Dengan banyaknya pancaran sinar matahari yang masuk membuat ruangan kamu akan lebih sehat dan terang. Sinar matahari pagi dan pancaran sinarnya membuat ruangan apartemen tidak lembab dan menghindarkan dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

  1. Pastikan Tempat Nyaman dan Aman

Cek sekeliling apartemen dan lingkungannya, apakah apartemen yang tersebut dekat dengan bar atau café atau bahkan tempat-tempat lainya yang belum terjamah oleh pihak pemerintah setempat.

  1. Fasilitas Keamanan

Perhatikan system keamanan yang diberikan apartemen mulai dari pos satpam hingga jumlah dan penempatan cctv.

  1. Status Sertifikat Tanah

Kalian perlu memperhatikan status sertifikat yang akan kalian dapatkan saat membeli unit apartemen. Jadi setiap pemilik apartemen akan mendapatkan sertifikat Hak Milik Satuan Rumah Susun (SHMSRS) atau lebih dikenal dengan strata title. Jadi ada dua tipe sertifikat yaitu HGB Murni dan HGB diatas HPL, apabedanya? Kita ambil contoh Urbantown, strata title unit Urbantown berdiri diatas tanah Hak Guna Bangunan milik PP Urban (Pengembang Urbantown itu sendiri) atau bisa dibilang HGB Murni, yang mana PP Urban memperoleh tanah Urbantown dari hasil pembelian yang sah dari pemilik sebelumnya. Berbeda dengan HGB yang berdiri di atas tanah Hak Pengelolaan (HPL) yang mana biasa diberikan untuk tanah yang merupakan aset negara. 

  1. Pelajari Reputasi Developer

Rekam jejak atau reputasi developer ini buruk atau baik. Pengembang sebuah apartemen perlu sekali deperhatikan, kamu harus melihat bagaimana track record pengembang dalam bisnisnya. Apabila developer tersebut memiliki reputasa yang baik, maka kamu akan merasa aman karena melihat proyek – poryek yang biasa dikerjakan developer tersebut selalu berhasil.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *