What's On

27/08/2018
Cara Mudah Milenial Beli Apartemen di Urbantown Serpong BSD

Urbantown.id, Serpong - Bagaimana cara mudah milenial beli apartemen di Urbantown Serpong BSD? Saat ini ada kekhawatiran generasi milenial terancam tidak bisa memilik rumah, Sebuah survei yang dirilis 2017 lalu menyebutkan, sekitar 95% generasi milenial diprediksi akan menjadi ‘gelandang’ pada tahun 2020.

Prediksi tersebut tentu bukannya tidak berdasarkan data. Faktanya, harga rumah melonjak tinggi dari tahun ke tahun. Terlebih harga tanah di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Selain harga yang tinggi, kebiasaan milenial yang cenderung boros dan tidak mementingkan kebutuhan hunian juga menjadi faktor lain. Mengutip laman kompas.com, Country Manager Rumah123 Ignatius Untung menyebutkan bahwa proritas generasi milenial yang memiliki pendapatan Rp3 juta – Rp5 juta untuk 6 bulan ke depan adalah 1)traveling, 2)gadget, dan 3)komputer. Setelah itu barulah properti pada prioritas ke-4.

Bagaimana dengan yang penghasilannya lebih tinggi? Ternyata sama saja, sami mawon. Urutan prioritas generasi milenial berpenghasilan Rp5 juta – Rp8 juta adalah 1) beli gadget, 2) komputer, 3) traveling, 4) mobil, dan baru 5) properti.


Bagaimana setelah penghasilannya lebih tinggi lagi? Di sinilah baru ada perkembangan. Mereka yang berpendapatan Rp8 juta – Rp15 juta mengutamakan beli 1)gadget dan 2)komputer, lalu 3)properti. Padahal, memiliki hunian adalah kebutuhan baik itu pun juga untuk generasi milenial. Kalau generasi milenial tidak memutuskan sekarang juga untuk memiliki hunian, bisa bisa tidak terkejar. Sebab harga rumah, tanah dan properti lainnya tiap cenderung meningkat.

Bagi generasi milenial yang ingin segera memiliki hunian seperti apartemen di Urbantown Serpong, seperti ini lah tips - tips yang bisa dilakukan.


1. Siapkan finansial
Hunian kini menjadi kebutuhan yang sangat penting. Tak terkecuali untuk generasi milenial. Jika generasi milenial punya rencana beli apartemen dalam kurun waktu 2 - 3 tahun mendatang. Maka generasi milenial harus bijak dalam mengatur pos - pos pengeluaran. Karena saat generasi meilenial sudah memutuskan untuk membeli apartemen. Generasi milenial perlu punya tabungan dalam jumlah yang cukup besar untuk membayar uang muka. Semakin besar uang muka yang diserahkan, maka semakin sedikit uang yang kamu pinjam dan semakin kecil cicilan.

2. Gunakan autodebet untuk uang muka
Langkah paling dasar untuk membeli apartemen adalah menabung sebagian penghasilan tiap bulan. Masalahnya, kesulitan terbesar generasi milenial untuk beli apartemen adalah tidak memiliki dana untuk membayar uang muka alias down payment (DP) sebagai prasyarat KPA. Tetapi, kebanyakan generasi milenial sulit mengelola keuangan dengan baik, jadi mengumpulkan uang muka alias DP menjadi kesulitan tersendiri.

Untuk menyiasati kebiasaan tersebut. cara paling efektif untuk memaksa diri menabung adalah dengan menyisihkan langsung saat baru terima gaji. Pastikan kamu tidak menunda hingga akhir bulan. Kalau sulit konsisten, manfaatkan fasilitas tabungan auto debet yang dapat diatur agar terpotong secara otomatis dari rekening kamu. Setting pengaturan pemotongan di awal bulan atau setelah jadwal penerimaan gaji.

3. Ambil KPA tenor paling panjang
Generasi milenial yang telah memulai karir, mereka memiliki batasan usia pensiun yang cukup lama. Umumnya, bank menetapkan di atas usia pensiun 55 tahun sebagai batasan tidak dapat mencicil kredit lagi. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan dengan mengambil tenor KPA yang paling maksimal.

4. Mulai investasi
Beli apartemen memang tidak mudah, tapi generasi milenial bisa beli apartemen dengan menyiasati investasi. Karena tak  bisa hanya mengandalkan penghasilan tetap. Maka mulai lah untuk berinvestasi. Carilah produk investasi yang terjangkau dan bisa mendatangkan keuntungan. Misalnya, investasi tabungan berjangka, deposito, emas, asuransi dan investasi properti.

5. Tahan keinginan konsumtif
Mengelola keuangan memang sulit, tapi bukan berarti tak bisa. Tahanlah keinginan konsumtif agar kamu bisa beli apartemen. Kebanyakan generasi milenial lebih memprioritaskan membeli barang - barang seperti gadget terbaru, tas bermerk, sepatu baru dan sebagainya. Padahal, hunian jauh lebih dibutuhkan dibandingkan barang - barang tersebut. Maka mulai saat ini, hindarilah gaya hidup konsumtif dan mulai mengelola finansial untuk membeli apartemen.

Itu lah beberapa tips yang bisa diterapkan generasi milenial yang ingin memiliki apartemen segera. Karena hunian adalah kebutuhan utama, maka mulai sekarang berpikirlah lebih rasional dalam membelanjakan uang kamu. Prioritaskan untuk membeli hunian, baru gunakan uang untuk keperluan lain.(PT)